Sistem Pneumatik Pada Kereta
Sistem pneumatik telah banyak
diaplikasikan terutama untuk tujuan otomasi pada industri makanan, minuman,
farmasi, migas, otomotif, dan industri berat, sehingga peningkatan Sumber Daya
Manusia (SDM) pada bidang pneumatik merupakan langkah strategis yang harus
dilakukan sebagai usaha tranformasi teknologi agar mampu berkompetensi secara
global.
Termasuk di dunia perkeretaapian juga
digunakan sistem pneumatik dan hidrolik dalam pengoperasiannya.
Sistem pneumatik bertujuan untuk menggerakkan berbagai
peralatan ringan sampai sedang dengan menggunakan udara / gas compressibel yang
bisa dimampatkan sebagai media kerjanya. Alternatif ini dipilih karena relatif
lebih tahan terhadap cuaca di Indonesia dan harganya yang murah. Udara yang
dikompresi oleh kompresor, didistribusikan menuju berbagai macam aktuator
melewati sistem kontrol tertentu.
Sistem Hidrolik adalah
Suatu sistem yang memanfaatkan tekanan fluida (incompressible / tidak bisa
dimampatkan) sebagai sumber tenaga pada sebuah mekanisme. Karena itu, pada
sistem hidrolik dibutuhkan power unit untuk membuat fluida bertekanan
besar. Dengan prinsip yang sama dengan pneumatik tapi beda media kerjanya.
Kereta
api di Indonesia lebih banyak menggunakan sistem pneumatik sehingga dalam
materi ini akan menyesuaikan dengan aplikasinya dilapangan.
Komentar
Posting Komentar