Sistem Pneumatik Pada Kereta

Sistem pneumatik telah banyak diaplikasikan terutama untuk tujuan otomasi pada industri makanan, minuman, farmasi, migas, otomotif, dan industri berat, sehingga peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) pada bidang pneumatik merupakan langkah strategis yang harus dilakukan sebagai usaha tranformasi teknologi agar mampu berkompetensi secara global.
Termasuk di dunia perkeretaapian juga digunakan sistem pneumatik dan hidrolik dalam pengoperasiannya.
Sistem pneumatik bertujuan untuk menggerakkan berbagai peralatan ringan sampai sedang dengan menggunakan udara / gas compressibel yang bisa dimampatkan sebagai media kerjanya. Alternatif ini dipilih karena relatif lebih tahan terhadap cuaca di Indonesia dan harganya yang murah. Udara yang dikompresi oleh kompresor, didistribusikan menuju berbagai macam aktuator melewati sistem kontrol tertentu.

Sistem Hidrolik adalah Suatu sistem yang memanfaatkan tekanan fluida (incompressible / tidak bisa dimampatkan) sebagai sumber tenaga pada sebuah mekanisme. Karena itu, pada sistem hidrolik dibutuhkan power unit untuk membuat fluida bertekanan besar. Dengan prinsip yang sama dengan pneumatik tapi beda media kerjanya.
Kereta api di Indonesia lebih banyak menggunakan sistem pneumatik sehingga dalam materi ini akan menyesuaikan dengan aplikasinya dilapangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tembung lan watake sengkalan

luk ,gregel, cengkok

cara maca macapat